Rabu, 23 Maret 2011

Duri


Kata duri merupakan istilah umum (generik) untuk menyatakan bagian tumbuhan atau hewan yang berujung tajam dan cukup keras sehingga cenderung melukai kulit atau permukaan tubuh lainnya. Duri, seperti juga "sayap", bukan istilah biologi dan secara ontogeni, duri dapat berkembang dari asal jaringan yang berbeda-beda.

Duri pada tumbuh-tumbuhan
Duri pada batang mawar.

Pada tumbuhan, duri dapat dijumpai pada berbagai organ. Duri merupakan organ aksesori dan berfungsi sebagai alat perlindungan diri dari pemangsa (serangga maupun herbivora). Duri dapat berasal dari modifikasi daun (disebut spine dalam bahasa Inggris), modifikasi batang (disebut thorn ), atau merupakan tonjolan-tonjolan dari epidermis (disebut prickle).

Duri sebagai modifikasi daun

Pada kaktus dan beberapa tumbuhan daerah kering lainnya (xerofit), duri merupakan modifikasi dari daun. Fungsi metabolisme daun sepenuhnya dilakukan pada epidermis batang dan daun berubah menjadi duri untuk mengurangi transpirasi.

Duri sebagai aksesori

Duri sebagai aksesori dijumpai pada batang, daun, serta buah. Duri batang paling mudah ditemukan pada batang mawar. Duri pada permukaan daun biasanya berbentuk kecil-kecil. Duri pada buah dijumpai misalnya pada kulit buah durian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar